Desain untuk plafon Rumah Yang Tinggi

Desain untukplafon Rumah Yang Tinggi
Desain untuk plafon Rumah Yang Tinggi
Bangunan rumah masa kini cenderung menerapkan plafon yang cukup tinggi, ini membuktikan bahwa masyarakat kita sudah lebih maju dan terbuka di bidang arsitektur dan desain interior.

Ada banyak sekali alasan mengapa orang memilih ruangan interior berplafon tinggi, diantaranya adalah :

Ruangan terasa lebih luas dan lega karena sirkulasi 
Udara yang baik akibat volume ruang lebih besar.
Ruangan akan terkesan lebih megah
Pencahayaan lebih baik karena dengan plafon tinggi 
Bagian dinding bisa diganti dengan jendela. Akan 
Lebih banyak tentunya.
Interior rumah terkesan elegan dan tidak monoton
Nah setelah membahas kelebihannya, saatnya kita ulas berbagai tips untuk memaksimalkan pengaturannya. Silahkan disimak.

Tips Agar Interior Rumah Dengan Plafon Tinggi Menjadi Lebih Ideal.

1. Penggunaan Jendela besar. 
Gunakan Jendela berukuran besar dan memanjang.Konsep ini banyak digunakan pada gedung-gedung perkantoran, apartemen, dan lain sebagainya. Metode ini bertujuan untuk memberi nilai artistik pada interior ruangan serta memudahkan cahaya masuk dengan optimal. 

2. Penggunaan Tirai atau gorden 
Merupakan aksesoris yang akan bagus sekali jika ditempatkan pada ruangan dengan plafon tinggi.Penggunaan tirai tak hanya mempercantik ruangan, tapi memberi kesan lembut dan homey. 

3. Penempatan Rak Buku.
 Plafon yang tinggi memberi banyak space kosong yang membuatnya akan terasa hampa apabila tidak diisi atau di manfaatkan dengan baik. Anda bisa mengisi bagian dining yang kosong dengan rak buku, selain fungsionalnya yang bermanfaat untuk menyimpan arsip atau koleksi buku favorit penempatan rak akan memberi sentuhan gaya vintage pada interior ruangan Anda.

4. Penggunaan Lampu Gantung. 
Lampu gantung memang sebenarnya didesain untuk rumah dengan plafon tinggi. Selain mengisi kekosongan, penggunaan lampu gantung pada ruangan berplafon tinggi juga memberi vocal point yang cantik untuk interior rumah. Sesuaikan bentuk dan jenis lampu gantung dengan konsep rumah Anda.

5. Penggunaan Skylight Pada Atap. 
Terakhir yakni penggunaan  skylight atau atap kaca sebagian plafon saja, karena penggunaan yang menyeluruh akan membuat ruangan terasa sangat panas. Mengingat iklim di Indonesia yang tropis dan penyinaran matahari dengan intensitas tinggi sepanjang tahun. Atau Anda juga bisa menggunakan metode indirect lighting yakni memantulkan cahaya dari skylight ke sisi lain atau ke dinding sebelum cahaya memasuki ruangan.

Sekian artikel tentang tips desain interior untuk rumah dengan plafon tinggi. Semoga bermanfaat dan salam untuk keluarga di rumah.